Tentang Saya

Saya GM Nur Lintang, menulis dengan nama pena GM Kartodipuro.

Saya menulis blog ini dengan tujuan menjelaskan persoalan seputar dunia internasional. Sekali lagi penekanannya adalah penjelasan duduk perkara. Bukan analisis. Bukan pula proposal. Saya menilai, pemberitaan soal negara-negara lain di media massa seringkali terpotong-potong sehingga pembaca jarang mendapat pemahaman utuh mengenai apa sebenarnya yang jadi soal.

Misalnya saja soal nuklir Iran. Semua orang tahu mereka sudah menyelesaikan perundingan dengan negara-negara besar. Tapi persoalan; apa isi perundingan itu, kenapa nuklir di Tehran diawasi sedemikian rupa, bagaimana sanksi-sanksi ekonomi itu dipraktikkan, saya kok yakin sebagian besar belum tahu duduk perkaranya. Demikian pula masalah yang lebih rumit seperti Yunani atau Suriah.

Karena yang yang menjadi tujuan adalah kejelasan, saya akan berusaha menghindari jargon–yang menurut saya justru tambah bikin bingung. Sebisa mungkin saya juga akan melampirkan hyperlink sebagai rujukan bagi fakta-fakta yang menurut saya perlu diberi rujukan. Dengan demikian pembaca yang berniat serius dapat memperdalam, sekaligus verifikasi, dengan mengikuti tautan yang saya masukkan.

Saya memutuskan untuk menulis blog soal perkara internasional ini dengan beberapa pertimbangan. Yang pertama tentu saja karena saya mempunyai waktu. Saya akan berusaha konsisten menulis untuk blog ini minimal satu pekan sekali.

Pertimbangan kedua, karena kebetulan pekerjaan saya sekarang bersinggungan dengan hal-hal bersifat internasional sehingga saya mengasumsikan diri saya cukup punya pengetahuan di bidang itu. Saya adalah wartawan/penulis di Kantor Berita Antara yang setiap hari harus mengikuti laporan-laporan di luar sana.

Kedua, karena karena tulisan model seperti ini tidak mungkin dimuat media manapun. Termasuk tempat saya bekerja. Media hanya memberitakan peristiwa, jarang yang memaparkan latar belakang.

Sekali lagi, blog ini hanya ditujukan untuk pemula yang membutuhkan kejelasan. Bukan untuk Anda-Anda semua yang sudah pintar. Jadi jangan berharap ada analisis macam-macam.

Terakhir, saya mohon kesudian Anda untuk turut mengoreksi fakta-fakta dalam kerjaan sambil lalu ini. Jika ada, sudilah kiranya untuk menulis komentar, mengirim surel ke beinglintang[at]gmail[dot]com, mengirim pesan ke profil facebook saya, atau mention di twitter.

GM Kartodipuro

beinglintang[at]gmail[dot]com

Leave a comment